Indosat Business Hadirkan Platform Analisa Data Pendongkrak Bisnis

Indosat Digital Analytics

Jakarta, GayaTekno.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), melalui Indosat Business, bekerjasama dengan Google untuk meluncurkan layanan Indosat Digital Analytics (iDA).

iDA merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis dan perusahaan untuk berbagai kebutuhan seperti digital advertisingadvance analytics solutionsfraud mitigation, dan  identity management.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, mengatakan bahwa pihaknya memahami bahwa data merupakan hal yang sangat berharga saat ini dan merupakan bagian dari perusahaan yang harus dianalisa untuk mendapatkan insight.

“Kami yakin layanan iDA akan menjadi solusi pengolahan data pelanggan yang andal untuk membantu pemilik bisnis mengambil keputusan yang cepat dan tepat,” kata Bayu.

Secara keseluruhan, solusi Indosat Digital Analytics menawarkan berbagai layanan yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan operasional dan pendapatan bisnis yang lebih baik, diantaranya:

AdTech

Dengan menggunakan big data platform iDA, layanan Smart Digital Advertising (SDA) ini memberikan insight  terhadap profil pelanggan yang berguna untuk  aktivitas  pemasaran dan periklanan.

Pelanggan bisa memanfaatkan dashboard digital untuk merencanakan, menyiapkan, dan mengevaluasi  kampanye dengan  menggunakan salah satu fitur dari SDA berupa target yang disasar berbasis lokasi (ALBA/ Advanced Location Based Analytics) dan triggered event  seperti app-access melalui berbagai jenis media komunikasi.

Layanan Analitik

Analisa Big Data IOH dan teknologi Google ini dapat memecahkan berbagai masalah bisnis. Layanan yang diberikan mulai dari solusi market insight, location optimizer, data analytics sandbox, telecom/credit score scoring, dan Point of Interest (POI) analytics, dan banyak lagi.

Layanan ini juga memberikan analisa data untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya itu, perusahaan besar pun bisa melakukan pemodelan data secara mandiri.

Manajemen Identitas

Lewat layanan ini, pengguna bisa meningkatkan keamanan verifikasi pelanggan mereka, sehingga cocok untuk industri sensitif seperti perbankan dan layanan keuangan. Dengan manajemen identitas, pengguna bisa mengidentifikasi potensi penipuan, verifikasi lokasi, dan melakukan pemberitahuan kepada pelanggan jika ada aktivitas yang mencurigakan.

“Perusahaan kami mengandalkan sistem analisis data milik iDA untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat, secara lebih cepat dan hemat biaya,” ujar Novan Hartadi selaku Direktur Datains yang menceritakan pengalamannya saat menggunakan berbagai layanan dari platform iDA.

Pada acara peluncuran iDA, terdapat 3 pembicara yang membagikan pengalamannya terkait data insight dan analitik kepada hadirin. Avinav Trigunait, selaku Google APAC Transformation Lead, menceritakan bagaimana kolaborasi Google and IOH membantu memecahkan permasalahan bisnis dengan tetap memprioritaskan keamanan data dalam platform iDA.

Sementara itu, Head of Pricing Data Analytics dari Maybank, Sonny Supriyadi, membagikan pengalamannya tentang mengapa platform iDA merupakan bagian integral dari bisnis, terutama untuk industri perbankan dan keuangan.

Terakhir, SVP Data Analytics Indosat Ooredoo Hutchison, Pulkit Khanna, menjelaskan bagaimana iDA menawarkan layanan end-to-end dengan interface yang user-friendly serta didukung oleh teknologi mutakhir

“Membawa tema ‘Delivering data driven growth for everyone’ platform iDA ini menyasar semua lini bisnis, mulai dari UMKM, perusahaan berbasis digital, perbankan dan layanan finansial, pemerintah, ritel, hingga FMCG. iDA merupakan bagian dari misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Bayu.

Acid Rahman
Cuek adalah karakter, tapi nyuekin itu pilihan