Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Mulai Dari Rp 20 Ribu

Edwin Chayadi, Tokopedia Marketing Solutions

Jakarta, GayaTekno.id – Sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia berpengalaman dalam menyediakan platform jualan dari bagi para pedagang digital.

Kini, startup besutan William Tanuwijaya tersebut menawarkan solusi pemasaran digital bagi para pedagang online yang berjualan di platform tersebut melalui Tokopedia Marketing Solutions.

VP of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, mengatakan bahwa pihaknya senantiasa berkomitmen untuk memeratakan ekonomi digital bagi masyarakat Indonesia, termasuk UMKM yang memasarkan produknya melalui Tokopedia.

“Tokopedia Marketing Solutions merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” kata Edwin saat jumpa media di kawasan Senopati Jakarta, Rabu (22/9/2022).

Secara garis besar, Tokopedia Marketing Solutions menawarkan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis di Indonesia, diantaranya menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang tersebar di 99% kecamatan, presence di seluruh consumer purchase journey mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, ataupun dari media sosial Tokopedia.

Tokopedia Marketing Solutions juga bisa membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi.

Serta always-on-marketing, yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan dengan teknologi sehingga pelaku bisnis bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.

Pelaku bisnis di Indonesia bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions untuk mengembangkan bisnis, antara lain dengan promosi di halaman utama Tokopedia, menggunakan fitur beriklan ‘TopAds’ agar produk tampil teratas di halaman pencarian, dan beriklan di fitur Pencarian.

Ada pula fitur iklan di halaman Notifikasi dan Pesan, yang mencakup Broadcast Chat (untuk mempromosikan produk langsung di inbox/kotak masuk pengguna), Push Notifications (penjual bisa mengirim pesan promosi untuk mengarahkan calon pembeli ke halaman toko) dan Notification Center (promosi akan muncul di halaman notifikasi pengguna).

Penjual yang menggunakan Tokopedia Marketing Solutions juga bisa beriklan dalam sebuah permainan interaktif, seperti Tap Tap Kotak, yang berhadiah kupon atau cashback, mempromosikan produk/toko melalui tayangan di kanal streaming Tokopedia Play, serta memaksimalkan media sosialnya menggunakan Collaborative Ads bersama Tokopedia.

“Keuntungan yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions terbukti efektif. Kami mencatat bahwa per semester I 2022, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat, dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat,” tambah Edwin.

Berbagai pelaku bisnis di Indonesia, dari beragam skala dan kategori, telah merasakan manfaat dari Tokopedia Marketing Solutions. Misalnya sebuah brand fesyen berhasil mendapatkan peningkatan sebesar 103% pada rata-rata jumlah pesanan.

Ada juga sebuah perusahaan FMCG yang memperoleh 146% peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah pemesanan 169%. Serta brand makanan dan minuman yang mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 156% dan 279% pada rata-rata jumlah pemesanan.

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala dan kategori, untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia guna membantu pemulihan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital,” tambah Edwin.

Kabar baiknya, para pemilik usaha bisa menjajal solusi periklanan Tokopedia ini dengan harga yang relatif terjangkau.

“Pada dasarnya kami ingin membantu mereka (seller Tokopedia) untuk memaksimalkan profit mereka. Soal harga bervariasi, tergantung budget yang dimiliki. Tapi untuk rentangnya, mulai dari Rp 20 ribu hingga jutaan (rupiah),” tandas pria yang punya hobi jet ski tersebut.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life