Jakarta, GayaTekno.id – Firma riset pasar Populix baru saja merilis laporan bertajuk “Omnichannel Digital Consumption Report 2023” yang mengungkap perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan smartphone, laptop, dan internet sebagai acuan bagi brand dalam memenangkan pasar di era digital dewasa ini.
Berdasarkan laporan tersebut, ditemukan bahwa 89% masyarakat saat ini terhubung dengan internet dan sebagian besar dari mereka terhubung melalui smartphone.
“Laporan kami menunjukkan bahwa saat ini, 72% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk berbelanja, terutama melalui smartphone. Melalui laporan Omnichannel Digital Consumption 2023, kami berharap dapat mendukung para pelaku bisnis dengan insights mendalam seputar perilaku masyarakat Indonesia dalam mengakses internet di berbagai perangkat digital, khususnya smartphone,” ujar Dr. Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix dalam acara Populix Connect: Strategies for Success in a Rapidly Changing Market di Park Hyatt Jakarta.
Dari survei yang dilakukan terhadap 1.772 laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun ditemukan bahwa para pengguna smartphone lebih banyak menggunakan aplikasi ponsel untuk memenuhi kebutuhan harian dan transaksi mereka.
Sementara itu, sebanyak 59% masyarakat Indonesia mengatakan mereka secara aktif mencari review produk, terutama melalui smartphone.
Di sisi lain, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan pengguna smartphone di Indonesia saat mencari review produk melalui smartphone.
Namun demikian, secara keseluruhan, masyarakat juga menggunakan baik smartphone maupun laptop atau komputer untuk terhubung dengan orang lain seperti mengakses media sosial dan chatting, serta mencari hiburan.
Adapun konten hiburan yang paling banyak dicari meliputi musik dan film. Sementara konten yang biasa dicari oleh masyarakat di media sosial adalah foto atau video yang menghibur (76%), review produk (67%), informasi kuliner (63%), berita viral (62%), berbelanja di media sosial (50%), mencari inspirasi fashion (49%), dan inspirasi skincare (49%).
Survei Populix juga menunjukkan bahwa 70% masyarakat Indonesia yang disurvei memiliki satu ponsel untuk menunjang aktivitas keseharian mereka. Bahkan 28% masyarakat mengatakan mereka memiliki dua ponsel dengan brand smartphone yang berbeda.
Brand smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Samsung (29%). Sementara brand smartphone lain yang juga banyak digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, Xiaomi (21%), iPhone (18%), Oppo (14%), dan Vivo (9%).
(Donnie Pratama)
Berikan Komentar